Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penulisan Surat Undangan Yang Benar Dalam Bahasa Indonesia

Rofik-Bagi anda yang sedang belajar menulis surat undangan yang benar atau anda sedang membutuhkan surat undangan yang baik dan benar maka tepat sekali menemukan artikel ini, karena di artikel kali ini akan membahas cara penulisan surat undangan yang benar dalam bahasa indonesia sebab banyaknya macam penulisan undangan dari yang tidak resmi maupun yang resmi, oleh karena itu anda harus mengetahui apa saja perbedaanya, sedangkan dalam tatabahasanya hampir sama dengan penulisan bahasa indonesia pada umumnya, hanya ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan.

Berikut ini Poin Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Surat Undangan

Surat undangan resmi biasanya mencangkup beberapa instansi atau organisasi tertentu, maka komponen penulisan surat undangan semacam ini harus dilengkapi poin penting yang menandakan surat tersebut resmi seperti contoh surat undangan rapat yang harus diperhatikan oleh penerimanya, apakah surat tersebut resmi atau tidak, karena jika tidak bisa saja penerima surat akan tertipu oleh perihal undangan tersebut, oleh sebab itu harus diperhatikan poin penting dalam surat resmi.

1.Kop Surat
Perhatikan kop surat yang ada pada surat undangan tersebut karena setiap undangan mempunyai kop surat khusus yang menggambarkan dari instansi tertentu.

Kop Surat adalah sebuah identitas sebuah instansi pihak tertentu misalnya perusahaan dibidang industri maka dengan adanya bukti tersebut bisa dipastikan surat yang anda terima merupakan surat undangan resmi.

2.Tanggal Surat
Penulisan tanggal yang tercantum dalam surat undangan juga sebagai bukti relevansi dan acuan bagi penerima bahwasanya surat tersebut memang resmi.

3.Adanya nama dan pihak yang dituju
Surat undangan resmi salah satunya adanya nama atau pihak terkait, maka sangat penting penulisan nama penerimanya agar tidak ada kesalah pahaman bagi penerima.

4.Isi Surat Jelas
Sebagai contoh surat undangan resmi maka menerangkan maksud surat tersebut merupakan hal penting agar penerima bisa memahami maksud dari surat tersebut sehingga tidak ada dugaan jelek terhadap instansi tersebut atau pengeirim surat, biasanya pihak penerima akan mengetahui apa tujuannya meskipun penjelasannya tidak begitu lengkap.

5.Waktu Dan Tempat 
Surat undangan memang tujuannya mengundang seseorang untuk datang pada tempat yang telah tertulis dalam surat undangan, oleh sebab itu tempat dan waktu memang dapat dipercaya jangan sampai salah menulis tempat sehingga dapat mengecewakan bagi penerima surat yang hadir, selain itu tempat harus memang banyak diketahui oleh banyak orang serta mudah dijangkau, hal ini mendukung penerima surat yang tidak tau sama sekali dengan lokasi meskipun dijaman sekarang sudah ada Google maps.

6.Lampiran Agenda Atau Acara
Melampirkan susunan acara memang dianggap penting apabila tujuannya baik dan memberi semangat terhadap penerima surat untuk mendorong keinginan hadir dalam acara undangan tersebut.

7.Stempel dan Tanda Tangan
Poin terpenting dalam penulisan surat yang benar adalah adanya Stempel resmi dari sebuah instansi atau organisasi tertentu biasanya stempel ini dilengkapi dengan tanda tangan pengurus atau kepala yang bersangkutan.

Itulah 7 komponen penting dalam penulisan surat undangan yang benar, bagi anda yang sedang membutuhkan Contoh Surat Undangan Rapat Tentang Omset Yang Diperoleh Perusahaan Sampai Akhir Tahun anda hanya tinggal mengambil sebilah kata untuk melengkapi undangan rapat akhir tahun, tidak lagi membuat undangan dari awal hanya saja membutuhkan perubahan dalam sisi terpentingnya saja seperti nama gelar dan alamat serta waktu yang akan di laksanakan.

Contoh surat undangan resmi sekolah

Sebagai contoh awal dari surat undangan resmi maka kami mencantumkan undangan resmi sekolah berikut ini contohnya

SMA NEGERI 1 MAESAN
Jl. Sukowono-maesan Bondowoso
No. Telp. (021) 6503333

Bondowoso, 28 Juni 2020

No            : 002/SMAN 1 Maesan/09/2020
Lampiran  : –
Perihal      : Undangan

Kepada Yth.
Orang tua / Wali Murid
Kelas XII SMA Negeri 1
Maesan

Dengan hormat,

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa siswi SMAN 1 Maesan khususnya kelas XIII. Maka melalui surat ini kami selaku badan pendidikan sekolah, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi baik kelas IPS di luar sekolah.

Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada :

Hari/Tanggal : Rabu/30 Juni 2020
Pukul : 07.30 - 12.00
Tempat : Maesan
Acara : Ekonomi Masyarakat
Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala SMA Negeri 1 Maesan,

 

Muhammad Rofiki Abdillah SPD

Itulah contoh surat undangan resmi dari pihak sekolah, sebagai lembarannya biasanya akan di lengkapi dengan stempel dan tanda tangan oleh kepala sekolah.

Contoh surat undangan syukuran

UNDANGAN
Kepada Yth Keluarga Bapak Rofik


Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Yang Maha esa, kami sekeluarga bersyukur karena anak pertama kami Elia sudah menyelesaikan studinya dan diwisuda pada 10 April 2020. Dengan bangga dan sebagai ungkapan syukur, kami sekeluarga bermaksud mengundang Bapak/Ibu dalam acara yang akan diselenggarakan pada:

Hari/tanggal : Minggu, 17 April 2020
Waktu : 09.00 WIB
Tempat : Rumah Makan b, Elok
Acara : Syukuran

Besar harapan kami Bapak/Ibu berkenan hadir dalam acara syukuran untuk merasakan kebahagiaan bersama dengan keluarga. Kami juga memohon doa agar anak kami lekas mendapat pekerjaan sesuai yang diinginkan. Atas perhatian, kehadiran, dan doanya diucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Jember, 10 April 2020

(ttd)
Muhammad Rofiki

se keluarga

Contoh surat undangan pernikahan

Untuk undangan pernikahan ada dua macam yang pertama biasanya undangan yang berbentuk syukuran yaitu hanya menggunakan undangan kertas hitam putih, undangan semacam ini sangat mudah untuk membuatnya tinggal copas di internet sedangkan untuk undangan yang kedua biasanya undangan mewah yaitu acara pesta yang merupakan inti dari undangan pernikahan.

Assalamu’alaikum wr. wb.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan rahmat dan karuniaNya. Serta shalawat yang senantiasa kita sanjungkan kepada Rasulullah Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaatnya kelak di hari akhir.

Dengan ini kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i dalam acara resepsi pernikahan putra kami :

Ficko yuli
Bin pak Zainul

Dengan

Yuli Ficko
Binti H. Mudarris

Acara Resepsi Pernikahan ini insya Allah akan diselenggarakan pada :


Hari, tanggal    : Kamis, 13 Juni 2020
Waktu        : Pukul 18.00 – selesai
Tempat    : Rumah Bapak Zainul, Balet baru nomor 133 

Merupakan suatu kehormatan bagi kami apabila Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan hadir pada acara tersebut dan memberi restu kepada kedua mempelai. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Hormat kami,
Bapak Zainul sekeluarga

contoh undangan pernikahan

Namun dalam surat undangan resmi pasti ada lawan katanya yaitu undangan yang tidak resmi berikut ini contoh undangan setengah resmi sebagai refensi perbandingan saja

Kesalahan dalam penulisan surat Undangan

kesalahan penulisan dalam surat tersebut adalah dalam ejaan kata seperti salah ketik atau menggunakan bahasa yang sulit dimengerti selain itu perhatikan juga pembaca yang dituju oleh surat undangan tersebut, jika yang menerima kebanyakan orang penting dan sudah berpendidikan tinggi maka menggunakan bahasa yang sopan merupakan prioritas utama, oleh sebab itu jangan semena-mena dalam menulis undangan.

Sekian cara penulisan surat undangan yang benar dalam bahasa indonesia semoga dapat membantu bagi anda yang sedang mencari undangan atau memang bertugas dalam membuat undangan begitu juga bagi pelajar semoga dapat bermanfaat.


2 comments for "Penulisan Surat Undangan Yang Benar Dalam Bahasa Indonesia"

  1. Request donk gan,,,coba minta contoh surat/email buat ajakan kerjasama antara blogger dengan perusahaan hehehe

    ReplyDelete